Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengapa Baterai Laptop Cepat Rusak?

17 April 2017 | 23:40 WIB Last Updated 2023-10-10T15:27:19Z



Mungkin sebagian pengguna Laptop terkadang bingung karena baterai yang digunakan cepat rusak atau tidak bertahan lama. Terkadang saat digunakan, baterai tiba-tiba ngedrop atau habis total. Hal tersebut menyebabkan Kita merasa kurang nyaman karena sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan. Permasalahan tersebut memang klasik dan sering dialami oleh pengguna Laptop. Namun sebenarnya apa penyebabnya dan mengapa bisa terjadi pada baterai Laptop, berikut penjelasannya.

1. Penggunaan yang berlebihan
Baterai cepat habis disebabkan oleh berbagai macam salah satunya adalah penggunaan berlebihan. Penggunaan yang berlebihan seperti Laptop sering digunakan untuk bermain Game. Bermain Game memang seru untuk dilakukan namun perlu batasan waktu dan jangan sampai seharian bermain Game. Idealnya bermain Game hanya 2-3 jam dan hanya untuk mengisi waktu luang.

2. Penggunaan berbarengan dengan pengisian baterai
Anda disarankan untuk tidak melakukan pengisian baterai sambil menggunakan Laptop tersebut. Hal inilah yang menjadi penyebab utama baterai Laptop cepat rusak. Bila ingin awet baterai yang digunakan, Anda bisa melepaskan baterai dan carger langsung terhubung ke aliran listrik. Hal ini cukup efektif namun yang perlu diingat adalah, Anda harus mematikan Laptop secara permanen sebelum melepaskan baterai. Hal ini penting karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Meletakan Laptop di tempat yang empuk
Usahakan untuk tidak meletakan Laptop pada tempat yang empuk, seperti: kasur, bantal atau guling. Hal ini bila dilakukan maka akan menyebabkan Laptop cepat panas karena terkadang bahan yang empuk bisa menutup sirkulasi udara pada Laptop.

4. Penggunaan Laptop di tempat panas
Bila Anda menggunakan Laptop pada tempat yang panas dapat memicu kerusakan pada komponen Laptop termasuk Baterai. Usahakan bila ruangan panas, terdapat kipas angin yang mendinginkan ruangan dan lebih bagus lagi jika Laptop terdapat kipas pendinginnya.

Itulah beberapa contoh hal sederhana yang menyebabkan baterai cepat rusak. Bila ingin baterai tetap awet digunakan, lebih baik hindari ke empat hal di atas. Bila pengisian baterai telah penuh, Anda bisa melepaskan charger agar baterai tidak cepat bocor.

No comments:

Post a Comment